Grup metal dengan 4 personel, 4 agama, 4 suku



Noxa namanya. Asalnya Indonesia. Ini grup metal pertama dari Asia yang tampil di festival metal dunia di Finlandia. Pendirinya Robin Hutagaol dan Ade Himernio Adnis.
Noxa layak dicatat pada Museum Rekor Indonesia dengan dua penghargaan: sebagai grup musik metal pertama dari Asia [juga Indonesia] yang tampil di festival metal internasional (Tuska Open Air Metal Festival 2008, Helsinki, Finlandia.) dan sebagai grup musik yang seluruh pemainnya berbeda suku dan agama.
Noxa, dibentuk pada 2002. Personelnya empat orang, semuanya jebolan Universitas Sahid, Jakarta: Oxen [Robin Hutagaol - drum], Ade [Ade Himernio Adnis - gitar], Dipa [Ngakan Nyoman Dipa Biomantara - bass], dan Tony [Tonny Christian Pangemanan - vokal]. Robin dan Ade adalah pendiri Noxa, lalu dua rekan mereka bergabung.
Keempat musisi ini sudah bersahabat lebih dari 10 tahun. Selain pernah kuliah di universitas yang sama, keempatnya berasal dari suku yang berbeda dan memeluk agama yang berbeda pula. Detikcom menulis: Robin sebagai penganut Kristen [suku Batak Toba], Ade pemeluk Islam [Jawa], Dipa beragama Hindu [Bali], dan Tony pemeluk agama Buddha [Sulawesi].
Bila diwawancarai wartawan, mereka sering mengatakan kebencian mereka terhadap korupsi dan prihatin terhadap kemiskinan. Pentolan Noxa, Robin Hutagaol a.k.a Oxen, di situs mereka menyebut dirinya paling membenci “sifat egois, pembohong, dan segala hal-hal buruk”.


Mereka telah tampil di Tuska Open Air Metal Festival 2008 di Helsinki, Finlandia, dan mendapat sambutan luar biasa dari 44 ribu penonton. Duta besar kita untuk Finlandia langsung ikut menonton. Selama 50 menit Noxa diberi jatah waktu membawakan lagu-lagu mereka. Tapi setelah usai, penonton histeris dan meminta tambah, akhirnya mereka pun beraksi lagi. Kita pantas berbangga hati, mereka tercatat sebagai grup metal pertama dari benua Asia yang tampil dalam festival tahunan itu, bersaing dengan grup musik dari berbagai negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, hingga Jerman.
Noxa sudah mengeluarkan dua album: Noxa dan Grind Viruses. Lirik lagu Noxa berisi kritik sosial-politik. Album terakhir, Grind Viruses, berisi 31 lagu. Berikut daftarnya:
01. HANCUR
02. IN MY DESPERATE HOURS
03. SICK AND TIRED
04. BRUTALITY MURDER
05. SINETRON SUCK
06. KEHANCURAN MORAL
07. BUNGLON
08. DYING INSIDE OUT
09. GRIND VIRUSES
10. STARVATION
11. MUTILATED SOUL
12. I’M MY ENEMY
13. LEMBATA (STARVING TO DIE)
14. MAKE IT REAL
15. MONEY
16. HILANG
17. CRAZY WORLD
18. HATE INSIDE ME
19. SUICIDE IS NOT SOLUTION
20. DISINTEGRASI BANGSA
21. DIE
22. IN MY DREAM
23. THE SINNER
24. CORRUPTION INFECTED
25. SUPERFICIAL POEPLE
26. WHAT SIDE YOU ON
27. IN MOURNING
28. NEVER TO LATE
29. CATASTROPHE
30. EXPECT UNEXPECTED
31. POLIGAMI

0 komentar: